10 Keunikan Dan Fakta Tersendiri Tentang Tubuh Pada Manusia

tubuh-manusia.jpg

Bismillah...

Setiap manusia pasti memiliki organ-organ tubuh, jantung, hati dan yang lainnya. Disamping saya sebutkan diatas, ternyata terdapat keunikan-keunikan dari bagian-bagian tubuh tersebut. Langsung saja, kita bahas di bawah ini :

1. 300 Juta Sel Dalam Tubuh Manusia Mati Dalam Setiap Menitnya

Mungkin kita menganggap bahwa 300 juta sel adalah jumlah yang banyak jika dikategorikan dalam waktu per menit. Tapi jangan salah, jumlah tersebut hanya kurang lebih 0,0001% dari seluruh jumlah sel yang ada dalam tubuh manusia yang tergantikan setiap menitnya. Dan sekitar 10-70 triliyun (tergantung umur/tubuh) sel tergantikan dalam tubuh anda setiap harinya, wow.

2. Rambut yang Ada Pada Tubuh Kita Nyaris Tak Dapat Dihancurkan

Ketahanan rambut sangat kuat, tak dapat dihancurkan oleh perubahan iklim, cuaca dingin dan juga tahan terhadap bahan-bahan kimia.

3. Tulang Seorang Bayi Melebihi Jumlah Tulang Orang Dewasa

Terlintas di pikiran anda, "Ah, masa, seharusnya orang yang bertumbuh akan bertambah jumlah organ ataupun fungsinya" yap, itu betul, tapi tidak untuk hal ini. Seorang bayi yang baru lahir memiliki 300 tulang berwujud tulang rawan, nah di proses pertumbuhan, tulang-tulang ini sebagian bergabung menjadi satu menjadi tulang yang lebih kuat hingga sampai dewasa yang jumlahnya berkurang hingga 206 tulang.

4. Organ Dalam Tubuh Anda Dapat Dikeluarkan, Tetapi Anda Tetap Hidup

Ya, inilah kuasa Tuhan Yang Maha Esa. Ketika tubuh seseorang sangat lemah dan rapuh, tapi itu lebih kuat dari yang anda bayangkan sebelumnya. Yang memungkinkan bagi seseorang untuk mengeluarkan sebagian organ tubuh mereka. Dan ini sudah terbukti bagi sebagian orang yang hidup di dunia.

5. Mengapa Kita Mengalami Cegukan? Apa Sebabnya? Apa Gunanya?

Anda pernah tertawa sampai terbahak-bahak? Dan seketika itu anda mengalami cegukan? Inilah penyebab dan teorinya :

Rasa senang, kelebihan makanan, dapat menstimulasi syaraf phrenic, sebagai pengontrol diafragma, Diafragma ini lalu berkontraksi. Di waktu yang sama, glotis atau bagian pangkal tenggorokan yang terdapat pita suara menutup sehingga menutupi jalannya udara, itulah ungkapan Patricia Raymond, M.D., gastroenterologist di Chesapeake, Virginia. Cegukan terjadi beberapa detik, bahkan sampai beberapa menit.

Nah, cara mengatasi cegukan adalah dengan mengambil nafas dan menahannya, diselingi dengan menelan air ludah.

6. Apakah Menguap Itu Menular?

Pernahkah anda atau orang lain menguap dan seketika orang disamping anda juga ikut menguap? Apa sebabnya? Sebabnya mungkin kurang masuk akal tapi kita cermati dulu. Jika Anda menguap dan orang lain yang ada di dekat Anda menguap sebenarnya itu merupakan bentuk empati dia kepada Anda. Mirip halnya jika Anda tertawa, orang lain ikut tertawa, itu merupakan sebuah setudi dari jurnal Cognitive Brain Research di edisi terakhirnya. Masuk akal kan?

7. Gigi Anda Sangat Putih, Apa Sebabnya?

Tentu itu, juga adalah faktor genetik yang diturunkan dari orang tua kita. Nah, kok ada yang warnanya gelap bamun tidak kotor, mungkin itu disebabkan oleh makanan, kopi, teh, gula, cara menanggulanginya bagaimana? Ya dengan sikat gigi dengan pasta gigi secara rutin.

8. Selain Sidik Jari, Ternyata Ada Sidik Lidah

Selain sidik jari, ternyata lidah juga mempunyai sifat seperti jari. Lah kenapa kok harus memakai sidik jari dalam kegiatan tertentu? Yaiyalah, bagaimana jika kita akan cap sidik jari pakai lidah, jorok juga kan, hehe.

9. Tubuh Kita Menjadi tempat Tinggal Bakteri

Ternyata dalam satu inci tubuh manusia terdapat 32 juta bakteri dan setiap satu orang di dunia memiliki jumlah bakteri melebihi jumlah populasi manusia di dunia ini.

10. Jantung Manusia Berdenyut 100.000 Kali Setiap Hari

Tanpa kita sadari jantung yang memiliki berat 300 g mampu berdenyut 100.000 setiap harinya. Dan jantung bertugas untuk memompa darah, sungguh berharganya organ-organ dalam tubuh manusia, yang tidak harus diperintahkan terlebih dahulu untuk menjalankan tugasnya.

Nah, itulah beberapa keunikan dan fakta tentang tubuh manusia, Subhanallah...

Disamping itu terdapat pula organ-organ dalam tubuh, dan kewajiban kita untuk menjaga setiap organ kita agar mampu bertugas secara maksimal di hidup kita, Aamiin...

NB :

sumber dari musabiq.mywapblog.com

DMCA.com Protection Status

8 Responses to "10 Keunikan Dan Fakta Tersendiri Tentang Tubuh Pada Manusia"

  1. Benar2 unik gan tbuh kita;-)
    sy br tahu nich,
    thanks ya,

    BalasHapus
  2. nice post ... sellu bersyukur

    BalasHapus
  3. Nice post sob,
    Itulah tanda tanda kebesaran Tuhan, jangan lupa kunbalnya sob hehehe...:D

    BalasHapus
  4. kunjungan silaturahmi sob, maaf kalau saya ada buat silap. saya dah tak aktif seperti dulu lagi. urusan dunia nyata. :)

    BalasHapus
  5. Kunjungan pertama gan ,mampir ya

    BalasHapus
  6. Kunjungan pertama sob, ditunggu kunbalnya

    BalasHapus
  7. kunbal blog ane sob ldavichi.heck.in

    BalasHapus
  8. baru tau hhee :D syukur alhamdulilah aja

    BalasHapus

wdcfawqafwef